Pada awal tahun 1960 di kota Singaraja belum ada TK, dengan berjalannya waktu dan berkembangnya pendidikan, maka pendidikan anak pra sekolah atau pendidikan Taman Kanak-Kanak dirasakan sudah menjadi kebutuhan ditengan masyarakat. Atas permintaan masyarakat atau orang tua yang anaknya bersekolah di Sekolah Dasar Katolik Swastiastu (sekarang SDK Karya) memohon kepada Yayasan untuk membuka TK (pendidikan pra sekolah). Sehingga hal ini yang menjadi pertimbangan bagi Yayasan Swastiastu Pusat dan demi masyarakat, maka didirikan Taman Kanak-kanak pada:
Tanggal: 1 Januari 1969
Sekolah: TK Swastiastu
Alamat: Jl. Kambija No. 3 A Singaraja

Demikian sekolah Taman Kanak-Kanak Swastiastu didirikan demi pengembangan dan pengabdian terhadap masyarakat dan pembinaan anak-anak di Singaraja dan sekitarnya. Berdirinya TK juga dilandasi dengan dasar hukum sebagai berikut:

  1. Gereja, mengamanatkan untuk membantu masyarakat dan mengatasi ketidaktahuan dan kebodohan, maka gereja membentuk Yayasan Pendidikan yang bernama Yayasan Swastiastu namun sejak tanggal 1 Februari 2000 diganti menjadi Yayasan Insan Mandiri.
  2. UUN 1945 Bab XIII tentang pendidikan, khususnya Pasal 31 ayat 1 yaitu tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran. Namun sejak tanggal 1 Februari 2000 nama TK Swastiastu diganti menjadi TK Santa Maria sampai sekarang yang diperkuat dengan akte perubahan No. 1 Tahun 2000.

Dalam perkembangannya, untuk lebih memantapkan keberadaan TK Santa Maria dari berdirinya sampai sekarang itu dilandasi atas dasar:

  1. Kebutuhan masyaarakat akan pendidikan anak usia dini
  2. Demi pengembangan dan pengabdian terhadap masyarakat Singaraja dan sekitarnya dalam pembinaan anak usia dini
  3. Amanat dari gereja yang menekankan kita wajib membantu orang atau masyarakat dengan memberikan yang terbaik sesuai kemampuan kita

Berdirinya TK Santa Maria tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan tokoh rohani, dan beberapa pihak-pihak terkait yaitu:

  1. Yayasan Insan Mandiri Denpasar.
  2. Tokoh-tokoh Umat Kristiani (Gereja Katolik)
  3. Pemerintah (Dinas Pendidikan)
  4. PEMDA (Pemerintah Daerah)
  5. Masyarakat (Orangtua murid)

Selanjutnya dalam perkembangannya TK Santa Maria terus berbenah diri untuk terus meningkatkan mutu pelayanan serta mutu pendidikan dengan mengikuti arus perkembangan jaman serta perkembangan IPTEK. Selain itu juga meningkatkan wawasan guru dengan mengikutkan pelatihan-pelatihan/diklat, workshop maupun seminar-seminar yang ada.

Semoga di tahun yang akan datang, TK Santa Maria dapat berkembang lebih baik lagi, sesuai harapan dan dukungan dari semua pihak, baik dari Tokoh masyarakat, Komite, Dewan Guru, dan Pemerintah Kabupaten Buleleng , yang senantiasa dapat memberikan pelayanan secara maksimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan Pendidikan Anak Usia Dini.